Sunday, 4 December 2016

Tutorial Kenalan Sama Cewe

Hai jomblo-jomblo Indonesiaa. Pa kabs? Masih Jomblo aja? Oke, maafkan ketidaksadardiri-an ini.

Setelah kemaren gue udah berbagi tips gimana cara biar chat dibalas gebetan. Pada hari ini, gue pengen berbagi tips atau tutorial lagi, yaituuuuu, tutorial kenalan sama cewe. Yah, agak mundur satu langkah sih dari tips kemaren. Tapi ngga papa, soalnya alasan gue nulis tips ini, karena kebanyakan para jomblo jangankan buat ngechat gebetan,baru mau kenalan aja udah tumbang duluan. Ngga usah nanya siapa, iya, itu gue.


Seperti kata pepatah, sebuah langkah besar dimulai dengan langkah kecil dulu. Kaya PDKT, sebelum kalian ngegebet seseorang, kalian harus bikin satu langkah kecil dulu, yaitu kenalan. Ngga mungkin kan kalian ketemu seorang cewe, terus langsung bilang pengen jadi pacarnya? Ya kalo si cewe jomblo dan khilaf nerima sih mending, kalo tiba-tiba suaminya muncul gimana? Hilang tuh muka kalian.

Jadi, sebagai pemerhati setia jomblo-jomblo (cantik) Indonesia, kali ini gue bakal ngeshare tips dan tutorial buat kenalan sama seseorang (inget, seseoraang, bukan seonggok).

1. Menentukan Target

Sumber: Relationshit the movie


Pengen nongki sama temen-temen, tentuin dulu tempat ngumpulnya. Pengen ngajak mantan balikan, pilih dulu mantan mana yang jomblo. Pengen jadi Blogger terkenal Banjarmasin, ya ngeblog dan tinggal di Banjarmasin, jangan main omegle
di konoha. Nah, sama kaya hal-hal lain di dunia, sebelum ngelakuin sesuatu, kita harus nentuin dulu tujuannya. Jadi sebelum kalian pengen ngajak kenalan seorang cewe, tentuin dulu cewe mana yang pengen kalian ajak kenalan. Dan perhatiin, hal-hal apa aja yang match sama si doi. Misalnya dia temenannya sama manusia apa sama kuda nil, dia nongkrongnya sendiri apa sama mantan, dan bajunya baju normal apa make daster YoungLex.

2. Menyusun Rencana


Setelah punya target, langkah selanjutnya adalah menyusun rencana sesuai dengan hal-hal yang udah kalian identifikasi dari si cewe tersebut. Langkah ini penting banget buat kesuksesan kenalan kalian dan kesan pertama yang doi tangkep dari kalian. Misalnya, cewe yang pengen kalian ajak kenalan adalah cewe Hijabers yang sering bolak-balik perpustakaan. Nah, kalian bisa bikin rencana buat sering-sering dateng ke perpus, atau minjem buku yang sama kaya doi baca, atau beli hijab yang sama kaya doi. Pokoknya susunlah rencana apa gitu yang sesuai dengan kepribadian si cewe dan pastinya bisa kalian lakuin.

3. Lihat Situasi

kalo seneng kaya gini kan gampang. (With kakak Lidya)

Target udah ditentukan, rencana udah disusun. Pengen eksekusi? Tahan dulu. Sebelum melancarkan aksi kenalan kalian. Lihat dulu situasi di sekitar kalian. Baik itu situasi hati si cewe, ataupun situasi tempat kalian pengen ngajak cewe tersebut kenalan. Kenapa gue menyarankan buat ngeliat situasi dulu, soalnya kesan si cewe tergantung dengan situasi kenalan kalian. Contohnya aja, jangan ngajak kenalan cewe yang lagi PMS di parkiran ATM ketika banyak orang. Bisa-bisa kalian dikira jambret, dan si cewe nyuruh massa buat ngegebukin kalian. Usahakanlah ngajak si cewe kenalan disaat si cewe sedang dalam mood yang baik biar rencana yang kalian rencanakan berjalan lebih lancar.

4. Beraksi

sumber: hanyalewat.com
Setelah kalian memastikan situasi aman terkendali, dan si cewe lagi seneng. Mulailah melancarkan aksi kenalan kalian. Pastikan kalian ngelakuin rencana kalian setenang mungkin dan seolah tanpa skenario. Dan jangan lupa juga buat jangan terlalu agresif ataupun memaksakan kehendak kalian. Karena itu cuman bakal ngerusak kesan pertama yang kalian bangun. Waspada juga sama respon si cewe, karena meskipun kalian udah nyusun rencana sematang mungkin, itu semua kembali ke si cewe. Apa dia terbuka sama orang baru atau justru sebaliknya.
Kalo kalian tipe orang yang romantis dan pengen berkesan, kenalan lah tanpa menyebutkan nama, dan bilang lah ke si cewe kalo kalian bakal ketemuan lagi suatu saat. FTV banget.

5. Kenalan Via Sosial Media


Kalo kalian termasuk tipe-tipe orang yang (pe)malu-maluin, kalian juga bisa melancarkan aksi kalian via sosial media. Iya, selain ngga perlu rencana yang matang, kenalan via sosmed juga mengurangi resiko "malu karena dikacangin pas ngajak kenalan". Tapi, di balik semua kelebihan juga ada kekurangan. Kekurangan cara ini adalah, kalian harus tau dulu nama target yang pengen kalian ajak kenalan. Jadi ya, disinilah kemampuan stalking kalian diuji.
Saran dari gue, kalian bisa ngecek lokasi mana yang biasa si cewe kunjungin di instagram, misalnya banjarmasin, langsung aja cari location Banjarmasin dan stalk akun apa aja yang upload foto disitu. Atau, kalian juga bisa ngestalk lewat followers atau following temen doi. Kuncinya satu, sabar dan teliti.
(Jarang-jarang loh master stalking kaya gue ngasih trik stalking kaya gini)

                                                                                   


Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kalian lakuin buat ngajak cewe kenalan. terserah sih cara apa yang kalian pake, tapi pada intinya, untuk ngajak cewe kenalan kalian harus punya mental yang kuat dan ngga tau malu.
Segitu dulu tips dari gue, buat kalian yang punya tips atau trik lain, langsung komen di bawah yaa.

P.s.: Buat yang udah kenalan, kalian bisa baca Tips Agar Chat dibalas Gebetan disini.
Baca selengkapnya

Saturday, 26 November 2016

Akhir bulan tetep Makmur? Bareng MAMI aja.

Mahasiswa rantauan mana suaranyaaa~

Sebagai mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tua, mengelola uang menjadi satu tugas berat yang mau ngga mau harus kita usahain setiap harinya. Dari kebutuhan buku-buku, alat tulis, sampai gaya hidup di kota bikin kita agak keteteran dalam memanajemen uang. Dan, hal ini juga yang bikin akhir bulan jadi musuh terbesar bagi para mahasiswa rantauan (selain kalimat "Maaf kita temenan aja". Yang itu juga mengerikan sih, tapi ngga semengerikan Akhir bulan)
Nah, kalo kita pikirin mateng-mateng, kadang sepanjang hidup kita ini juga sama kaya akhir bulan. "Ngehabisin yang ada sekarang, dan nantinya susah di masa depan"

Tapi, usut punya usut. Ternyata kita tetep bisa hidup enak di akhir bulan, dan bahkan di akhir hidup kita nanti loh. Ngga percaya?



Nungguin acaranya dimulai sambil nyapain temen-temen blogger lain
Cerita ini bermula ketika anak-anak dari Pena Blogger Banua diundang buat ngikutin Investalk Manulife di restoran Rempah Pelangi, Banjarmasin, Minggu, 19 november 2016 kemaren. Gue yang waktu itu sedang krisis akhir bulan pun ikutan meluncur dengan niat Lumayan bisa makan gratis di akhir bulan.

So, berangkatlah kita ke restoran tersebut sekitar pukul 12 siang. Dan setelah menunggu beberapa saat sambil modusin mba-mba SPG, muncullah sesosok MC cantik rupawan yang menyampaikan sebuah alunan kalimat indah yang berbunyi: "Jangan lupa untuk ngetwit tentang acara hari ini dengan hestek #KlikMAMI #sekarangaja ya, karna bakal ada hadiah untuk 3 orang pemenang". Mungkin, kalimat itu keliatan biasa aja di mata kalian, tapi sungguh berarti buat pemburu lomba livetwit yang sedang krisis akhir bulan.

Duh, indah banget... Infonya

Oke, balik lagi ke cerita tadi. Tanpa diduga-duga, sang MC cantik nan rupawan tadi kembali ke tempat duduknya, digantikan seorang laki-laki tinggi bertampang seram. Kita yang haus akan wajah rupawan pun pengen protes, tapi ternyata si cowotinggiserem tersebut adalah salah seorang Stand Up Comedian asal Kalimantan Selatan, Paris Fathiah.

Setelah Paris selesai membuka acaranya dengan lawakan-lawakan nyeleneh yang bikin ngakak, tiba-tiba entah darimana muncul sesosok bapak dengan wajah damai. Beliau adalah Bapak Putut Andanawarih Direktur Pengembangan Bisnis Manulife.
Nah, kemaren beliau ngejelasin tentang 3 Langkah Sadar Investasi (INSYAF, IRIT, INVEST).

Apaan tuh? Kuy gue jelasin.

Insyaf dan Sadar Diri

Bukan, insaf dan sadar diri disini bukan sadar diri bahwa dia ngga suka sama kalian. Bukan juga, insaf dan kembali ke jalan yang benar (yang ini bagus juga, sih). Insyaf dan sadar diri disini, adalah menyadari bahwa sebenernya nilai uang itu selalu menurun setiap tahunnya. Ngga percaya? Coba inget deh, dulu waktu SD kelas 2, gue cuman dikasih uang jajan Rp. 2.000,00 per harinya, dan itu udah cukup buat beli chiki-chiki ataupun teh hangat. Bahkan bisa juga beli nasi goreng sepiring + air putih. Sekarang? Rp. 2.000,00 cuman bisa beli teh hangat segelas. Atau permen kaki 6 biji. Dan gue juga yakin anak SD juga protes kalo dikasih segitu.
Nah, dengan bertambahnya usia, bertambah juga kebutuhan kita, ditambah nilai uang yang semakin turun, kita wajib untuk sadar dari sekarang dan bikin persiapan buat masa depan kita nanti.


Irit bukan berarti pelit

Ngerasa ngga sih? Hal yang paling cepet bikin kita mederita di akhir bulan adalah gaya hidup. Kita sering banget menggunakan uang yang sebenernya ngga perlu. Contoh paling gampang? Nraktir Pacar.

Sebungkus kopi, bisa kalian beli seharga Rp. 3.000,00 di warung kelontongan. Tapi sayangnya, kebanyakan orang indonesia lebih suka duduk manis manja di Kafe dan ngebayar Rp. 15.000,00 per cangkirnya. Belum lagi kalo sama pacar. 6 kali lipat, gaes. Yah, gue ngga bakal munafik. Gue juga termasuk jenis orang kaya gitu. Tapi ngerasa kan? Apa yang kita lihat sebagai gaya hidup justru bikin kita menderita dalam mengelola uang. So, mulailah ngirit dari sekarang. Caranya gampang banget, kalian bisa mulai dari hal-hal kecil seperti mutusin pacar kalian, mengurangi intensitas kalian makan di resto atau nongkrong di kafe. Ya, gue ngga nyaranin berenti sama sekali, cukup mengurangi, dan kalian bakal ngerasain bedanya.
Kalo kata Pak Putut sih, "Belilah hal yang kalian butuhkan, bukan inginkan"

Investasi

Gue nantang kalian, coba simpen Rp. 100.000,00 di bawah kasur kalian. Terus, ambil 30 tahun lagi. Kira-kira apa yang bisa kalian beli? Gue yakin, Rp. 100.000,00 kalian saat ini, 30 tahun lagi cuman cukup buat beli bakso segelas, iya saking sedikitnya dimasukin ke gelas.
So, cara apa sih yang paling pas buat nyimpen duit? Jawabannya ya investasi.
Tapi, yang salahnya dari orang Indonesia, kalo denger investasi kalian pasti mikir susah, takut, dan beresiko.
Nah, justru karena ini gue bakalan ngenalin kalian sama satu jenis investasi yang aman, ngga susah, dan beresiko rendah. Yang pastinya bakal ngejamin akhir bulan kalian dan bahkan masa depan kalian.



Pengen tau gimana biar hidup kalian aman berkelanjutan? Ya #KlikMAMI #sekarangaja!
Whahaha, bukan, mami disini bukan berarti gue nyaranin kalian buat jadi simpenan mami mami. MAMI disini merupakan Manulife Aset Manajemen Indonesia
Nah, jadi disana kalian bisa invest dengan Reksa Dana. Nah, buat yang belum tau, Reksa Dana itu sejenis wadah yang isinya berbagai macam investasi. Dari saham, pasar modal, dan masih banyak lagi.
Terus, kenapa gue rekomendasiin Reksa Dana Manulife, karna disana kalian bahkan bisa berinvestasi cuman dengan Rp. 100.000,00. Terus, disana juga felksibel banget, kalian bisa nambah, pindah jenis investasi, sampai ambil kapanpun kalian mau.

                                                                           

Setelah beliau ngejelasin tentang Reksa Dana dari Manulife, barulah kita memasuki season yang paling gue tunggu. Makan...

Wahaha, ngga, becandaaa. Intinya, gue seneng udah diundang di acara tersebut karena gue akhirnya makin tau dan makin sadar buat terus ngirit demi masa depan gue.

Foto bersama mba-mba SPG cantik
Oiya, dan satu kabar terakhir yang mesti dan wajib kalian tau... Gue menang lomba livetwit #halah


Baca selengkapnya

Monday, 31 October 2016

Tips Agar Chat Dibales Gebetan

Status jomblo adalah hal yang selalu jadi bahan bully-an di manapun, kapanpun, dan oleh siapapun. Meskipun kita punya alasan yang berbeda-beda dibalik status jomblo kita. Tetep aja kita para jomblo ngga pernah lepas dari sasaran bully oleh mereka yang udah punya pacar.
(Sengaja pake kata ganti ‘kita’ biar ngga jomblo-jomblo banget).

Keinginan buat punya pacar ada, cuman, ngechat setiap waktu, nanya kabar tiap 3 menit, sampe memantau kegiatan doi pake cctv tetep ngga membuat sang pujaan hati ngenotice keberadaan kita. Dan chat kita bakalan berujung D, atau bahkan cuman diread, tanpa mendapat respon apa-apa.

Jadi, gimana sih biar chat kita dibales gebetan?

1. Punya bahasan yang menarik

Untuk PDKT sama seseorang, selain pake hati, kita juga harus selalu menggunakan yang namanya otak. Kenapa? Soalnya tujuan kita PDKT adalah biar si doi mau sama kita. So, yang harus kita lakukan adalah tau dulu, hal kaya gimana yang doi suka, atau hal apa yang doi benci biar kita ngga salah langkah.
Nah, kalo udah tau kesukaan doi, berusahalah chat doi dengan hal tersebut. Pasti kemungkinan chat kalian dibaca bakalan lebih tinggi.

Ciye, pasangan kodok

Tapi inget, jangan jadi orang lain hanya karena pengen disukai. Cukup jadi diri kalian sendiri, tapi tetep mengerti dan tau bahasan-bahasan apa yang doi suka.


2. Tau waktu

Mungkin bagi kita, jatuh cinta berarti ‘selalu bersama’. Tapi tahan dulu, jangan karena kalian ngerasa kalian suka dia, jadi kalian harus ngechat doi setiap waktu. Ngucapin selamat pagi, selamat siang, selamat makan, sampe selamat karna dimarahin dosen.
Chatlah doi sewajarnya, dan di waktu yang tepat. Misalnya, waktu doi lagi bosen, lagi ngga kuliah, atau komen status yang doi buat.

Jangan kaya gini ye

Dengan kalian ngechat kaya gini, si doi ngga bakalan ilfeel dan mungkin bakalan ngebalas karna sesuai dengan suasana hati dan juga status yang doi bikin. Tau waktu juga bikin kalian mungkin bakal lebih dia hargain. Caranya ya, kalian harus lebih peka, dan dateng disaat yang tepat. Misalnya, ngechat disaat dia butuh temen curhat, dan diem disaat dia lagi ngga pengen diganggu.


3. Jago gombal

Cewe itu suka cowo romantis. Cewe juga suka cowo humoris. Nah, dengan dua prinsip tadi, cobalah untuk PDKT dengan gaya yang lebih santai, tapi tetep bikin si cewe ngerasa diistimewakan. Yup, gombal.
Gombal disini, bukan berarti kalian bikin puisi yang isinya “kamu indah bagaikan bulan” terus naroh di depan pintu. Emangnya kalian lagi PDKT sama Cut Nyak Dien?



Gombalah dengan gombalan yang unik, lucu, bikin dia seneng, tapi tetep romantis.

Ngga bisa bikin? Tenang, di zaman serba teknoogi ini kalian bisa nemuin banyak gombalan lucu dan unik di internet. Tinggal kaliannya aja yang usaha buat nemuin yang pas sama suasana chat kalian.
abaikan ekspresi begonya


4. Pake kalimat tanya

Selain tips-tips tadi, agar chat kalian lebih berpotensi untuk dibalas, gunakanlah selalu kalimat tanya dan buatlah seolah itu penting banget. 
gebetan yang biasanya cuman membiarkan chat kalian ketimbun dibalik chat-chat iklan dari OA juga pasti bakal naruh simpati sama chat kalian, dan berkemungkinan lebih tinggi untuk dibales.

Tapi, yang perlu kalian catet lagi, disini kalian pengen nyari perhatian, jadi ngechatnya jangan ngenes-ngenes amat kaya orang nyari sumbangan.


5. Pake Profil Picture yang kece


Semua tips udah kalian lakukan? tapi chat tetep ngga dibales? Coba cek dulu profil picture kalian. bagus ngga?
Yoi, segimanapun kita percaya kalo cinta itu ngga memandang tampang, nyatanya di era kaya sekarang, sebelum kita ngebalas chat seseorang (apalagi gebetan) kita pasti ngecek dulu gimana tampangnya.
Menurut gue, wajar sih, masa iya cewe mau ngebalas chat asing dari orang yang Profil Picturenya Luffy dari One Piece? Ntar dia mikirnya Luffy mau ngajakin dia buat jadi bajak laut lagi.

Makanya, biar peluang chat kalian dibales gebetan, ya jangan lupa pasang foto profil yang paling CAKEP yang kalian punya.
Tampang kalian pas-pasan? Tenang, sekarang udah banyak aplikasi editing kaya CorelDraw yang bisa bikin tampang kalian lebih 'berseni' dan menarik perhatian dari gebetan kita sendiri.
Muka biasa menjadi lebih berseni

Ngga bisa edit foto? Banyak jalan menuju Roma. Kalian bisa order aja sama temen gue yang juga anggota dari Pena Blogger Banua ini, di rizqialam.com 
Di jamin deh, dengan foto profil yang keren, chat kalian pasti bakal lebih menarik perhatian gebetan kalian buat dibaca.


So, itu tadi beberapa tips dari gue biar chat kalian dibales gebetan. Pesan gue satu, jadilah diri kalian sendiri. Karena, kalo kalian jadi orang lain, maka sebenernya yang gebetan sukai dari kalian itu adalah bagian diri kalian yang baru, bukan sama kalian.

Punya tips lain biar chat dibales gebetan? Komen aje. Ciao!
Baca selengkapnya

Monday, 24 October 2016

Rockabye, Lagu Hitz Tentang Perjuangan Ibu

Senin, 24-10-16, seperti biasa, gue yang kebetulan libur dan ngga ada kerjaan, diminta ngisi siaran dari jam 11 pagi sampe jam 1 siang. Gue yang saat itu cuman guling-guling di kamar, langsung nge-iyain sambil berencana buat ngecekin lagu-lagu baru apa aja yang baru launching dan masuk di dBs FM.

Setelah nyampe dan ngemarkir elang gue di studio, gue yang penasaran langsung ngebuka playlist lagu barunya, dan muncullah beberapa nama-nama besar kaya MØ, The weeknd, eminem, macklemore, dll. Gue langsung sumringah, ngeliat nama mereka gue yakin pasti pada rame semua.

Nah, setelah gue coba dengerin satu-satu, entah kenapa ada satu single yang bikin gue langsung terngiang-ngiang, seolah lagu tersebut terus-menerus berputar di kepala gue, dan bikin gue humming-humming gaje sampe gue pulang.

Itu adalah single keduanya Clean Bandit yang bekerjasama dengan Sean Paul & Anne Marie, Rockabye.


Gue yakin, hal pertama yang kita pikirin setelah liat judul dan denger potongan lagu tersebut, kita bakalan ngira Clean Bandit nyeritain gimana musiknya yang bergenre EDM, nge-bye jenis-jenis musik lain kaya musik Rock(Rock-bye), makanya kenapa nama singlenya Rockabye.

Tapi, setelah kalian cermatin dengan baik lirik dari lagu tersebut, kalian bakal kaget setengah mati. Kenapa? Soalnya, makna lagu tersebut sangat bertolak belakang dari apa yang kita pikirin. Lagu tersebut justru menceritakan tentang perjuangan dan kasih sayang seorang Ibu (single parent) yang rela bekerja di dunia malam hanya untuk membesarkan dan merawat anaknya.

Ngga nyangka, kan?

Oke, gue bakal bahas beberapa part yang menurut gue ngena banget.
She works the night, by the water
She's gonna stress, so far away
From her father's daughter
She just wants a life for her baby
All on her own, no one will come
She's got to save him (daily struggle)
Di bagian ini, mereka nyeritain gimana sang ibu berjuang, kerja sampe malam meskipun berat, untuk menghidupi sang anak. Semua beban ia tanggung sendiri, karna belum tentu ada orang lain bakal datang untuk membantu. Yang dia mau cuman satu, kehidupan anaknya, keselamatan anaknya.
She tells him "uh love, no one's ever gonna hurt you, love. I'm gonna give you all of my love, nobody matters like you"
She tells him "your life ain't gonna be nothing like my life. You're gonna grow and have a good life. I'm gonna do what I've got to do"
Di sini, sang ibu seolah menenangkan anaknya, dia bilang bahwa ngga bakal ada yang bisa melukai sang anak, dan ibu bakal ngasih semua yang ibu bisa, karena ngga ada hal yang lebih penting dari sang anak.
Sang ibu juga bilang, dia bakal menjamin hidup sang anak ngga bakal sehancur hdiupnya, karna sang anak bakal tumbuh dan punya hidup yang lebih baik, dan sang ibu bakal ngelakuin apapun agar semua itu terjadi.

Single mama you doing out there
Facing the hard life, without no fear
Just so you know that you really care
Cause any obstacle come you’re well prepared
And no mama, you never set tear
Meskipun sang ibu berjuang sendirian menghadapi hidup keras, tapi ia tetap berjuang tanpa rasa takut. Karena dia begitu peduli, dan selalu siap dalam menghadapi rintangan apapun yang bakal dia hadapi tanpa sedikitpun menunjukan ketakutan ataupun kesedihan.
So, Rockabye baby, Rockabye
I'm gonna rock you
Rockabye baby, don't you cry
Somebody's got you
Part ini, gue lebih nangkep ke arah semangat sang ibu buat ngedukung sang anak agar tetep berjuang hidup, agar tetep tegar, dan ngga menyerah, karena sang ibu ada dan selalu berusaha buat ngedukung dan ngejaganya.

Intinya sih, apa yang gue tangkep dari keseluruhan lagunya, lagu ini menggambarkan gimana perjuangan ibu dalam menjaga anaknya (dalam konteks ini, khususnya single parent yang kerja malam). Gimana perjuangan ibu untuk menjamin kehidupan anaknya agar sang anak punya kehidupan yang lebih baik. Gimana besarnya rasa sayang ibu kepada sang anak, bahkan meskipun harus melewati rintangan dan cobaan yang berat. Karena sang ibu percaya, sang anak pasti bisa terus hidup tegar, dan melewati penderitaannya bersama.


Dan, ngga jauh beda dari lagu tersebut. Semua ibu di dunia pasti selalu berusaha buat ngejaga anaknya. Selalu berusaha buat memberikan yang terbaik buat anaknya. Selalu mau berkorban, dan berharap agar kehidupan anaknya kelak lebih baik. Dan sudah seharusnya juga, kita para anak bisa sadar, dan menghargai usaha yang beliau buat untuk kita.

Meskipun mungkin banyak diantara kita, (termasuk gue) yang bukan tipe anak yang bisa "menunjukan perasaan" langsung ke orang tua. Tapi bukan berarti kita ngga bisa menunjukkan kasih sayang. Kita bisa membalas kebaikan beliau, dengan tunjukkan kepada beliau bahwa kita bisa berjuang mandiri, kita bisa berkarya, dan kita bisa berprestasi.

So, itu tadi review gue tentang lagunya Clean Bandit ft Sean Paul & Anne Marie - Rockabye. Semua review diatas murni pendapat gue, jadi kalo ada kesalahan pengartian ataupun pemahaman, gue mohon maaf sebesar-besarnya.
Semoga, dari lagu diatas kita semua bisa lebih menghargai pengorbanan ibu kita dan selalu ngejaga perasaan beliau.

Ciao!
Baca selengkapnya

Sunday, 16 October 2016

#JarangJalan ke Sekitaran Savana Hotel Malang

Yo guys!

Ngga kerasa, hari ini tepat 3 tahun gue ngejomblo terakhir kali jalan-jalan ke luar daerah (tepatnya ke Kota Malang). Yoi, sebagai mahasiswa yang jarang jalan karena tinggal di pelosok, adalah sebuah kejadian langka sekaligus kebahagiaan yang luar biasa, ketika bisa pergi ngeliat gimana indahnya tempat-tempat di luar pulau yang belum pernah gue kunjungin sebelumnya.

Ngomongin masalah Malang, kalian udah pernah traveling ke Kota Malang? 
Nah, buat yang belum tau, Kota malang itu merupakan salah satu kota yang selalu jadi tujuan wisata di Provinsi Jawa Timur. Dari Kota Surabaya, kalian bisa menempuh perjalanan ke Kota Malang dengan jarak sekitar 90 km. Kira-kira 2 jam kalo naik mobil, atau sekitar 5 menit kalo naik elang.

Balik lagi ngomongin perjalanan gue di malang.
Sesampainya di Malang, gue yang notabenenya anak kampung yang 'Jarang Jalan' banget, bingung pengen tidur di mana. Pengen di mesjid, gue takut di usir sama marbotnya. Di emperan toko, gue takut dikira Tuna asmara wisma, pengen tidur di samping mantan, eh mantannya udah punya cowo baru. Cowo barunya temen akrab gue pula. 

Dan, setelah bertapa di gunung myoboku selama 3 hari, pilihan gue jatuh kepada salah satu hotel yang cukup terkenal di Kota Malang, yup, Savana Hotel Malang. 
Hotel ini merupakan hotel berbintang 4 yang lokasinya cukup strategis dari akomodasi udara yaitu Bandara Abdul Rachman Saleh yang berjarak sekitar 9,47 km. Letak Savana Hotel Malang di Jalan Letjen Sutoyo No. 32 – 34 Rampal Celaket Klojen, Malang. Lebih lengkapnya kalian bisa liat di aplikasi traveloka.

Sumber: savanahotelsmalang.wordpress.com

Savana Hotel Malang memiliki ketinggian mencapai 4 lantai dengan jumlah kamar sebanyak 161 ruangan. 
Tipe kamarnya pun beragam. Ada Deluxe include breakfast yang per malamnya dikenakan Rp658.000, Grand Deluxe yang per malamnya dikenakan Rp738.000, Junior Suite dikenakan Rp1.128.000 dan Royal Suite dengan harga Rp1.948.000 per malamnya. Harga terendah untuk menginap semalam sekitar Rp511.283. Harga bisa saja berubah sesuai dengan promo yang sedang diberlakukan. 
Tempatnya mewah banget. Iya, gue yang biasa tidur di kost-an ngerasa berada di surga saat pertama kali gue nginjekin kaki di hotel ini.

Nah, liburan, ngga bakal lengkap kalo ngga jalan-jalan ngeliat kota sekitar, kan? 
Tenang, di sekitar hotel terdapat beberapa tempat wisata yang bisa kalian datengin buat nyante-nyante, sekalian ngeliat cewe-cewe Malang. Dan, salah satu tempat yang wajib kalian datengin adalah Alun-alun Kota Malang yang jaraknya sekitar 2,3 km dari hotel.

Sumber: halomalang.com









Alun-alun Kota Malang ini merupakan salah satu icon dari Kota Malang. Lokasi Alun-alun yang berada di tengah pusat kota bikin kalian (yang meskipun buta arah), gampang buat menemukan Alun-alun ini. Jadi, ngga usah takut kesasar.
Disana, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan sampai jomblo-jomblo haus kasih sayang juga berdatangan ke alun-alun buat sekedar bersantai atau menikmati keindahan Kota Malang di tengah taman.

Meskipun sangat sederhana, alun-alun ini ngga pernah sepi. Biasanya mulai rame waktu sore, sampe malam, apalagi kalo malam mingu.
Selain banyaknya pengunjung, disana juga banyak para pedagang makanan khas Malang yang selalu stand by di sekitaran Alun-alun, so, buat kalian yang punya nafsu makan segede gue, kalian mesti siap-siap uang yang banyak, karna disana, semua jajanan seolah-olah menghipnotis kita buat ngecicipin semua.

Alun-alun Kota Malang ini juga sering disebut dengan Alun-alun Jami karena lokasinya berada di depan Masjid Jami. Masjid yang supergede ini merupakan salah satu masjid kebanggaan warga Kota Malang. 
Selain itu, alun-alun ini juga dikelilingi dengan pusat perbelanjaan seperti Ramayana, Gajah Mada Plaza, Malang Plaza dan masih banyak mall lainnya. Pokoknya mau apa aja, lengkap deh disana.

Di Kota Malang, selain alun-alun Kota Malang juga terdapat satu alun-alun lagi yang bernama Alun-alun Bundar. Kenapa namanya Alun-alun bundar? Karena bentuknya bundar. Kalo tidak bundar? Bukan Alun-alun saya. 
Nah, Alun-alun bundar ini lokasinya berada persis di Balai Kota.

Masalah kebersihan, alun-alun ini juga sudah memadai. Banyak tempat sampah yang tersebar di sudut-sudut taman, sehingga kita sebagai pengunjung juga harus berpartisipasi untuk membuang sampah ke tempat yang telah disediakan.


Sumber: malang.merdeka.com

Nah, selain alun-alun, ada juga tempat beribadah keren yang dibangun sudah cukup lama (pada abad ke-18 Masehi) yaitu Klenteng Eng An Kiong.

Klenteng Eng An Kion berada di Jalan Martadinata, Malang. Klenteng ini pada awalnya didirikan oleh seorang pedagang dari Tiongkok yang bermarga Kwee sebagai tanda rasa syukurnya terhadap Tuhan. 

Arti dari nama Klengteng Eng An Kiong sendiri adalah Istana Keselamatan yang Abadi. Dan para umat Khong Hu Cu pun mempercayai akan hal itu. Warna merah dan kuning pada klenteng ini merupakan ciri khas dari arsitektur Tiongkok. Klenteng tersebut memang perpaduan antara arsitektur bergaya Tiongkok dengan bergaya Eropa.

Warna merah dan kuning pada klenteng ini bukan sekedar warna aja tapi punya arti yang mendalam. Warna merah menggambarkan kebahagiaan, keberanian dan kehidupan. Sedangkan warna kuning menggambarkan keagungan.

Klenteng ini dibangun berdasarkan dana yang terkumpul dari warga yang tinggal di kawasan klenteng. Proses pembuatannya dibagi menjadi 2 periode. Yang pertama proses pembangunan ruang tengah klenteng di tahun 1825. Keseluruhan klenteng dibangun pada tahun 1895 sampai 1934.

Kalian bisa jalan-jalan dan bersantai mengelilingi klenteng tempat beribadahnya umat Khong Hu Cu.


So, itu tadi beberapa tempat yang bisa kalian kunjungi kalo liburan ke Malang. saran gue sih, bawa jaket yang tebel. Soalnya malang dingin.
dan, selamat menikmati liburan kalian di Kota Malang. Masih banyak list tempat wisata yang belum sempet gue rangkum, dan bisa kalian kunjungi. Have Fun!
Baca selengkapnya

Thursday, 6 October 2016

Kalah itu biasa. Menerima kekalahan itu luar biasa.

Pernah ngga sih kalian ikut suatu lomba, ngerasa udah berjuang sekuat tenaga, tapi hasilnya seolah-olah mengkhianati usaha?

Biasanya, mereka yang mengalami kejadian tersebut bakalan ngerasa kalo ada sesuatu yang salah dari penilaian, baik itu pure ketidaksengajaan, atau bahkan ngerasa seolah olah itu adalah "settingan".

Mereka yang mengalami kejadian tersebut, bakalan ngerasa kalo apa yang udah dia usahain seolah-olah ngga ada harganya, dan dia cuman bagian formalitas dari kejadian tersebut, yang tanpanya pun, akan terus berjalan.

Gue sendiri sempet mikir kaya gitu. Atau malah, mungkin hampir semua orang yang mengalaminya bakal mikir hal serupa. 

So, apa yang salah?

Yang salah adalah, ego manusia.

Kita terbiasa untuk menyalahkan seseorang untuk satu kejadian yang terjadi.
Dan itu udah menjadi kebiasaan bahkan sejak kita masih kecil. 
Contohnya ketika kita kejedot sesuatu, pernah kalian dimarahin karna hal tersebut? Ngga kan?
Jadi siapa yang disalahkan? Dinding atau pintu, kan?

Kebiasaan mencari objek untuk disalahkan inilah yang kadang membuat diri kita ngga pernah ngeliat diri kita sendiri, menyadari kekurangan kita sendiri, dan memperbaiki kekurangan yang kita miliki.
Padahal, yang perlu kita lakukan cukuplah dengan bercermin, dan menyadari apa sebenarnya yang kurang dari diri kita.


Kita cukup percaya bahwa hidup adalah tentang sebuah penerimaan.
Bagaimana kita menanti apa yang memang sudah ditakdirkan.
Menerima apa yang sudah ditetapkan.
Dan menjalani apa yang memang diharuskan.

Banyak orang yang mengeluh, kenapa takdirnya belum juga tiba?
Tapi ia tak pernah menyadari, bahwa apa yang dia maksud dengan ketidakadaan itu juga adalah sebuah takdir.
Ia memang sudah ditakdirkan untuk itu, dan dia haruslah melakukan apa yang seharusnya dilakukan;
menemukannya, mendapatkannya.

Sebagian yang lain, menganggap takdir yang ia terima tidak adil.
Tapi, bukankah hidup memang selalu seperti itu?
Misalnya pajak, orang dengan kekayaan lebih akan membayar lebih dari orang yang berpenghasilan sedikit.
Seandainya adil, apakah kalian akan terima?

Begitu pula takdir,
Disaat seseorang mendapat yang lebih dari yang lain, dibalik itu juga ada kewajiban besar yang harus ia tanggung, atau mungkin 'sudah' ia tanggung.
Jadi, sebelum kita memikirkan kenapa orang lain bisa menang, Sebaiknya kita lihat dulu, kenapa kita bisa kalah.

Jalan keluarnya? Sadarilah, pahamilah, mengertilah, berusahalah, bersyukurlah.
Baca selengkapnya

Saturday, 24 September 2016

Cinta Bertepuk Sebelah Tangan. Masalah?

Nuka, Nuka, Nuka yang kurasakan.
Bertubi-tubi, tubi yang kau berikan.
Cintaku bertepuk sebelah tangan.
Tapi aku balas senyum keindahan.
Gue berani jamin, 90% orang yang baca lirik di atas bakalan ikut nyanyi.
10% sisanya? Nangis.

Yoi, lirik lagu yang jadi salah satu lagu tergaul di zaman gue SD tersebut, mengambarkan betapa menyedihkan, menyakitkan, dan sengsaranya seseorang jika cintanya cuman bertepuk sebelah tangan. Seakan dengan mencintai sebelah pihak, kita bakal ngerasain yang namanya luka, luka, dan luka. Sebab meskipun di setiap malam kita tak sedetikpun tak ingat dia. Tapi dirinya masih begitu acuhkan, dan tak mau tahu. #malahnyanyi

 Tapi, ngomong-mngomong masalah jatuh cinta sepihak, apa bener kalo mencintai sebelah pihak emang sesakit itu?

Gue adalah tipe orang yang lebih betah menjomblo daripada punya pacar. Gue selalu lebih menikmati hal-hal indah yang hanya dimiliki jomblo dibanding menikmati hal-hal indah yang dimiliki orang pacaran.
Contohnya, 'pergi ke suatu tempat'.
Meskipun dengan punya pacar, kita bisa ngerasa asik karna"ada yang nemenin dan diajak ngobrol", tapi gue tetep lebih menikmati sisi enak jomblo yang "bisa pergi sendiri, tanpa harus laporan, dan ngga ribet untuk menyatukan isi kepala dan kondisi dua orang(misalnya nentuin tujuan, dll)".

Nah, dari kebiasaan menikmati kejombloan inilah, gue juga mulai terbiasa untuk menyimpan perasaan gue cukup untuk diri gue sendiri. Gue menjadi terbiasa untuk hanya menikmati 'memandangi' orang yang gue suka dari kejauhan. Gue mulai terlatih ngescroll setiap aktifitasnya di media sosial tanpa ketahuan. Dan gue juga mulai terbiasa memberikan pertolongan-pertolongan kecil tanpa minta imbalan. Atau dengan kata lain, gue terbiasa merasakan cinta bertepuk sebelah tangan.

So, kalo kalian nanya, apa bener mencintai sebelah pihak sesakit lirik lagu d'Bagindas tersebut? Jawaban gue, ngga.

Emang sih, ketika kita menyimpan perasaan, kita hanya akan merasakan perasaan tersebut sendirian. Kita bakal ngerasa sakit karena sadar bahwa mungkin orang yang kita sukai, suka sama orang lain.

Tapi dibalik itu semua, dengan kita hanya menyimpan perasaan kita, kita bakal mendapat banyak keuntungan seperti; Yang pertama, kita bisa menghindari resiko dia bakal ngejauh ketika kita mengungkapkan perasaan; yang kedua, seandainya pun diterima, kita bisa menghindari resiko dia bakal ngejauh waktu putus; dan yang ketiga, ngga pacaran, ngga dosa.

 Alasan gue terdengar pengecut? Mungkin.

Mungkin kalian nganggep alesan gue tersebut hanyalah alibi yang gue pake untuk menutupi sifat pengecut gue. Itu cuman alasan, karena gue takut ngungkapin dan ditolak.
Karna emang bener, antara berpikiran jauh dengan pengecut bedanya tipis. Sangat tipis sampai hampir ngga ada bedanya.

Tapi, setipis-tipisnya perbedaan ya tetap ada bedanya.
Orang yang pengecut, setidaknya memiliki hasrat untuk mengungkapkan perasaannya, dan karna itu juga dia cenderung akan lebih mudah terserang galau karna hal kecil sekalipun, misalnya si doi ngga ngebales chat, atau doi jalan sama cowo lain. Sedangkan orang yang berprinsip buat jomblo, dia akan tetap tenang dan santai, karna dia percaya jodoh pasti sudah ada aturannya..

Orang yang mencintai sepihak juga menjadi lebih penyabar, dan juga ikhlas dalam segala hal. Penyabar dalam artian, dia tetep setia menunggu, dan ngga akan membuang waktunya untuk hal kaya pacaran. Dan ikhlas dalam artian, dia rela berkorban, dan juga tulus dalam memberikan perasaan dan juga pengorbanan.

So, mekipun mencintai dalam diam, selama kita bisa sabar dan juga tulus, gue yakin jadi jomblo ngga akan semenyedihkan apa yang kalian pikirkan selama ini.




Ngomong-ngomong tentang hubungan orang yang mencintai sebelah pihak, gue jadi inget sama salah satu blogger Banjarmasin yang juga Author di Websitenya Pena Blogger Banua, badangsanak.com, Bang Beta Ahyani,
Beliau merupakan orang yang mencintai dengan sebelah pihak terkuat yang pernah gue temui.

 Kenapa gue bisa bilang kaya gitu?

Yoi, soalnya beliau adalah orang yang begitu mencintai satu hal dengan amat sangat, dan rela mengorbankan waktu, uang, serta tenaga pada hal tersebut tanpa pernah mengharapkan pengorbanan setimpal.
Iya, soalnya yang begitu beliau cintai, adalah gundam.

Dan ya, meskipun kisah cinta sepihak beliau bukan antar sesama manusia, tetapi antar manusia dengan gundam, ketulusan mencintai dan pengorbanan beliau lah yang juga jadi salah satu inspirasi gue dalam menjalankan prinsip mencintai ikhlas sepihak, dan jadi #JombloSampaiHalal

By the way, seluruh isi postingan ini hanyalah apa yang gue rasakan, dan juga murni pendapat gue. Gue ngga nganggep pandangan gue ini paling benar, dan pandangan orang kebanyakan salah. Disini gue cuman mau memberikan gambaran bahwa, menjadi jomblo ngga sepahit dan semenyakitkan seperti yang orang-orang bilang. Tapi juga bisa menyenangkan, selama kita memiliki kepecayaan dan prinsip yang kuat, serta hati yang sabar dan juga ikhlas.


So, Salam Jomblo!



(Jangan tanya kenapa gue mendadak bijak di postingan ini)
Baca selengkapnya

Tuesday, 20 September 2016

Aku tau kamu tau.

Aku tau, kamu berharap dipertemukan dengan lelaki yang bisa terus berada di sisimu.
Yang setia memberi tatapan kebahagiaan, setiap kali kamu melakukan sesuatu yang membanggakan

Aku tau, kamu berharap bisa bersama dia yang selalu ada.
Yang membuatmu tetap berdiri tegar dengan sandaran bahunya, setiap kali kamu merasa keberadaanmu tidak berguna.

Aku juga tau, kamu berharap bisa bersama dia yang kuat.
Yang bisa membantumu mengangkat beban berat, dan meringankan setiap langkah kaki yang kamu buat.


Tapi, satu hal yang aku juga sangat tau.
Dari semua keinginanmu, aku hanya sebagian kecil mimpi yang takkan pernah mungkin jadi kenyataanmu.

Bagaimana bisa aku menjadi sang pangeran, jika bahkan untuk menatapmu pun aku merasa tidak memiliki kekuatan?

Bagaimana bisa aku menjadi sang pelindung, jika hanya untuk memanggil namamu aku selalu urung?

Aku hanya serangga kecil yang mengintip keindahanmu disela-sela kerumunan manusia, tanpa pernah berani singgah dan memilikinya.

Aku hanyalah seorang pemimpi gila.
Yang selalu berharap bisa menyapu setiap kesedihan yang mengalir dari mata indahmu yang penuh luka.

Aku hanyalah seorang pengecut, yang cuma bisa mendukungmu dari kejauhan, dan berharap kamu bisa tegar hanya dengan sebuah doa yang selalu kupanjatkan.

Karena, aku tau kamu tau, kita hanya ditakdirkan untuk menemukan, bukan untuk mendapatkan.

Baca selengkapnya

Sunday, 31 July 2016

Nyari Pokemon itu Kaya Nyari Jodoh


Pokemon Go

Siapa sih yang ngga kenal sama permainan Pokemon GO? Yo’i, game berbasis GPS dan berteknologi AR yang keren abis ini mendadak menjadi salah satu game terfavorit yang dimainin baik oleh anak kecil sampe orang dewasa di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Tapi ngga, yang bakal gue bahas kali ini bukan permainan Pokemon Go-nya. Yang bakal gue bahas kali ini, bahwa sebenernya Permainan Pokemon Go ini sama kaya Nyari Jodoh.


Ngga percaya?



Nyari jodoh itu kaya nyari Pokemon. Kalo cuman duduk diem di rumah dan ngga berusaha, kalian ngga bakal bisa nemuinnya.

Nyari jodoh itu kaya nyari Pokemon. Nemu atau ngganya Pokemon yang kita incer, tergantung jalan mana yang nantinya kita pilih.

Nyari jodoh itu kaya nyari Pokemon. Meskipun kita udah ada di jalan yang bener, tapi kalo kita dateng terlambat, maka kita tetep ngga bakal bisa nemu.

Nyari jodoh itu kaya nyari Pokemon. Udah ada di jalan yang bener, udah di timing yang tepat, udah nemu pokemonnya, tapi kalo salah “lempar senjata”, dia bakal kabur.

Nyari jodoh itu kaya nyari Pokemon. Untuk dapat Pokemon dengan Combat Power yang hebat, pertama-tama kita harus naikin ‘level diri sendiri’ dulu.

Nyari jodoh itu kaya nyari Pokemon. Mungkin kalian bisa curang dengan make Fake GPS. Tapi yang namanya curang pasti suatu saat kalian akan tetep kalah, dan di banned sama server.

Nyari jodoh itu kaya nyari Pokemon. Meskipun udah cape-cape naikin level gym, kalo kalah cepet bakal lebih duluan diisi orang lain. Temen satu team pula.

Nyari jodoh itu kaya nyari Pokemon. Meskipun kalian udah ketemu ratusan Pokemon, tapi pasti hanya satu yang terbaik yang bakal jadi favorit kalian.

Tapi inget, sekali kalian udah nemu jodoh yang tepat, jangan sampai kalian kaya Pokemon GO. Iya, Yang “transfer” pokemon yang udah di punya. Karena nemu Pokemon lain yang Cp-nya lebih tinggi.


Ciao!
Baca selengkapnya

Monday, 20 June 2016

Derita Ramadhan Mahasiswa

Buat kalian yang nungguin postingan gue yang ilang selama 3 minggu. Rasain! Begitulah sakitnya dikasih harapan, disuruh nunggu, tapi ternyata yang ditunggu ngga peduli! #eh

Hahahaha, ngga deng becanda. Sorry gaes, selama tiga minggu ke belakang gue disibukkan sama final test yang membunuh, ditambah sakit hati yang menyiksa. Dan parahnya, semua itu gue hadapin di bulan puasa, dan sendirian.

Kenapa sendirian? Seperti yang kalian tau, di ramadhan kali ini status gue udah berubah. Bukan, bukan berubah dari Jomblo jadi 'In relationship with..'. Yang itu mah tetep.
Itu, status gue udah berubah, dari seorang siswa, jadi mahasiswa (rantauan).

Dan meskipun bulan ramadhan merupakan bulan yang ditunggu sama seluruh umat muslim di dunia, tapi bulan puasa juga merupakan bulan yang paling ngga enak bagi mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di negeri orang dan ngga bisa pulang (Baik itu karena masih menjalani perkuliahan, masih punya tanggung jawab kerjaan, atau emang ngga bisa pulang karena jarak yang terlalu jauh) 


Bulan ramadhan yang identik dengan kebersamaan dan kekeluargaannya, terasa agak sepi dan hambar karena harus dilalui sendiri.
Gimana ngga, yang dulunya terbiasa dibangunin sama bokap, sekarang harus berusaha buat bangun sendiri. Yang dulunya, bangun tinggal makan karena udah dimasakin nyokap, sekarang harus bangun lebih cepet buat masak sendiri. Yang dulunya sekeluarga ke pasar ramadhan buat beli takjil, sekarang berharap takjil dari mesjid. Dan yang dulunya buka puasa bareng keluarga, sekarang buka puasa bareng.. Raisa, di TV. 

Beberapa orang, mengatasi kesepian tersebut dengan (mencari) pacar yang menurut mereka sedikit banyak bisa ngeganti kasih sayang dan kebersamaan yang biasa mereka dapet dari keluarga. 
Beberapa lainnya, memutuskan buat ngabisin waktunya dengan hal-hal yang mereka cintai, misalnya ngumpul sama temen-temen, main game seharian, maraton nonton film, atau ngebangun candi prambanan.

Ya kalo menurut gue, selama itu hal positif yang ngga bikin dosa dan ngga berakibat buruk ke orang lain sih, oke-oke aja. Tapi, mumpung ini bulan ramadhan, yang setiap amal kebaikan bakalan dilipatgandakan, akan lebih baik kalo kalian ngelakuin hal-hal yang bermanfaat aja kaya sholat, mengaji, beribadah, belajar, dll.

Atau, buat kalian yang pengen mengisi waktu luang sambil rame-ramean, nambah temen, tapi bermanfaat dan berpahala juga, nah! kalian bisa ikutan berbagi rezeki dan kebahagiaan yang kalian punya di acara Berbagi Bersama Panti Jompo Uma Kandung dan Warga TPA Basirih yang bakal diadakan oleh Ikatan Nanang Galuh Kalimantan Selatan pada 24-25 Juni 2016 mendatang!

Nah, buat kalian yang berdomisili di Banjarmasin bisa langsung dateng aja ke acaranya.
Kan lumayan, selain punya temen baru, punya keluarga baru, disana kan bakal ketemu para Nanang-Galuh yang cakep-cakep pastinya, siapa tau ada yang nyangkut, jadi pacar baru deh. #eh

Nah, buat kalian yang berada di luar Banjarmasin tapi tetep pengen ikut ngebantu, kalian bisa Donasi via Rekening (Bank Kalsel) A.N Ikatan Nanang Galuh Kalsel 001.03.0104168.9



Ya, intinya sih, ngga semua hal terkait puasa sendiri sebagai mahasiswa di negeri orang itu menyakitkan. Emang sih, banyak hal yang biasa dilakuin bareng keluarga selama bulan puasa, sekarang terasa sepi karena harus dijalani sendiri. 
Tapi ya, dengan belajar untuk berpuasa di negeri orang sendiri, secara ngga langsung bakalan melatih diri juga untuk lebih mandiri. Terus, gara-gara kesepian puasa sendiri, kita juga bakal belajar bersosialisasi dan menanmbah teman baru, serta menambah kegiatan-kegiatan bermanfaat juga.

So, itu tadi curhatan sesat gue tentang ngejalanin puasa sendiri di negeri orang. Kalian punya curhatan juga? Share aja di komeng box~
Baca selengkapnya

Wednesday, 25 May 2016

Tipe-tipe cewe yang harus dijauhi para cowo 2.0

Mungkin, bagi kalian yang udah ngikutin blog gue sejak zaman Rhoma Irama masih jadi Vokalis Kangen Band, judul ‘Tipe-tipe cewe yang dijauhin para cowo’ udah terdengar ngga asing lagi. Yup, itu adalah salah satu postingan pertama gue, yang bikin gue cinta banget sama yang namanya nulis. Iya, saking cintanya, gue lebih banyak ngabisin waktu buat nulis daripada ngedeketin cewe.

Dan, ngomongin masalah ngedeketin cewe. Di zaman yang semakin aneh kaya kelakuan gue ini, semakin banyak juga bermunculan tipe-tipe cewe yang kita sebagai cowo harus jauhi.

So, sebagai jomblo amanah yang peka dan mengerti wanita, gue bakalan berbagi kepada kalian para lelaki jomblo, tipe-tipe cewe kaya gimana yang harus, dan wajib untuk dijauhi part 2. Cekidot~

1. Cewe Matre

cewe, matre
Duh, cantik ya.... Duitnya

Di zaman yang super mahal kaya sekarang ini, segalanya butuh duit. Dari makan, minum, sampe buang air aja butuh duit. Dan, gara-gara hal inilah, banyak cewe yang nyari pacar, cuman karena pengen ada yang modalin.

Nah, tipe cewe yang satu ini. Kalo sebagai gebetan, biasanya dia bakal ngode-ngode ngga jelas di sosmed mereka, dan bakal nyertain kalimat “semoga aja ada yang peka” biar bikin para jomblo-jomblo bego yang nganggep dia gebetan, ngacir menuhin permintaan mereka.
Contoh: "Wah, tengah malam gini enak nih makan nasi padang yang di pengkolan deket tembok cina. Semoga ada yang peka"

Sedangkan, kalo cewe yang matre ini adalah pacar, biasanya dia bakal sering ngirim capturean-capturean barang di olshop gitu, dan bilang “Barangnya bagus ya, yang? Aku cocok ngga kalo make itu?” yang kalo kalian sebagai pacar ngga menuhin permintaannya, harus siap-siap buat ditendang.... dari kehidupannya.

2. Cewe Gila Selfie di Sosmed

Jujur, gue bingung sama beberapa orang yang ini-itu harus update di sosmed. Terlebih lagi di zaman yang super canggih yang bahkan di Planet Namek aja udah ada jaringan internet kaya sekarang.
Ya, kalo sosmed yang berbentuk tulisan kaya facebook dan twitter yang emang mungkin bisa berisi info penting sih nggapapa kalo sering posting.

Nah, yang menurut gue parah itu, cewe yang bentar-bentar selfie, terus upload foto selfienya di instagram, setiap waktu. 
Ini maksud mereka apa sih? Emang, kalo jam 1 upload foto selfie, terus nanti jam 2 upload foto selfie lagi, mukanya bakal ada perubahan gitu? Hidungnya bakalan melebar 0,05 mm gitu? Kemiringan sudut alis sebelah kanannya bakalan naik setinggi Cos30 gitu? Ya ngga kan?

Kalo feed instagram cewe isinya foto selfie semua, tau ngga siapa yang kasian?
Iya, tukang stalknya coy! 
Gimana ngga? tiap stalking, foto yang muncul muka semua, itu yang ngetsalk berasa diliatin sang empu instagram, dan ditanya "Lo lagi stalking, ya?"


3. Cewe alay 


Kasian calon suaminya nanti, Ijab qabulnya susah banget.


NaH, CeW3 y4Ng h4ruZ d1hiNdar1 5elanju+nyA aD4lah t1pe c3we 4l4y.
K3nap4? soALnx d4laM 5ebU4H hU8un9aN, yAnk t3rp3ntiN9 aDalaH K0mun1Kazi.
6im4na l0 b1sa m3ngeRti p3ras4aN d1a Kal0 uNtuK m3mah4m1 4pa y4ng di4 Bil4ng aj4 l0 n9ga b1sa?
Ng9a k3baYaNg k4n m1saLny4 Lu m3nd4daK j4di Jom8lo G4ra-6aR4 lU n66a s3mpeT nyeLaM3tin pAcar LU, cUm4n kaR3nA lU l4m4 n3Rjem4hin SMSnx yNk berbUnxi
"Y4nK, rUm4HH Aqu3 Ke84qaR4Nn. C3peT'n KziNi3, s3l4Me+iN aQu3"

Oke, gue membuang sia-sia 30 menit berharga gue buat nulis bagian kampret diatas.


4. Cewe Player

Bukan, yang kita omongin bukan cewe yang hobi main Dota 2, apalagi cuman main Snake Kenzia di HP jadul.
Mainnya level easy, terus High scorenya cuman 100 pula.

Cewe player yang gue maksud, adalah cewe yang hobi banget mainin perasaan cowo. Nah, ciri-ciri tipe cewe yang satu ini, biasanya dia bakalan dengan mudahnya ngerayu cowo duluan. Dan seneng banget digobalin, sampe-sampe si cowo kegeeran, dan ngerasa kalo si cewe emang suka balik sama dia.
Dia juga seneng banget ngasih-ngasih sinyal suka ke si cowo dalam bentuk perhatian, kaya ngajakin jalan, sering nanya kabar, nanya lagi ngapain, bahkan sering nanyain implikasi pertumbuhan saham terhadap ketinggian inflasi di Indonesia.

Nah, setelah cowonya masuk jebakan si cewe, si cewe akan mulai memanfaatkan segala macam dari si cowo, baik itu waktu, fisik, tenaga dalam, elemen, cakra dan uang si cowo.
Dan, kalo suatu saat si cowo mempertanyakan kejelasan hubungan mereka berdua, barulah si cewe mengeluarkan kalimat ampuh bin ajaib andalannya; "Aku kira, kita cuman temenan aja"
Tipe cewe yang satu ini juga identik banget dengan istilah-istilah seperti Friendzone, TTM, PHP, ST12, dan HTML


5. Cewe Galak

Tanpa gue sebutin juga, kalian pasti udah pada tau kalo ini FTV indonesia
Siapa sih yang ngga berani sama cewe galak? Iya, semua orang! 
Yup, tipe cewe yang harus dijauhi selanjutnya, adalah tipe cewe galak.
Kenapa? Soalnya, menurut ajaran agama gue, kita harus menjaga kebersihan, karena kebersihan itu adalah sebagian dari iman.
Dan, dari kalimat diatas, akhirnya gue sadar, betapa ngga nyambungnya gue ini. 

Oke, serius. 
Kenapa kita harus menghindari cewe galak? Ya, karena pada dasarnya, bukan cuman cewe. Apapun yang galak, ya emang harus dihindari. Kecuali buah galak.

Dan, emang, menurut gue, apapun yang berurusan sama hal galak itu emang selalu ngga enak.
Misalnya aja kan, janjian ketemuan sama cewe yang galak, dan lu telat ngejemput dia beberapa menit, bia-bisa, hancur tuh motor lu kena kamehameha si cewe galak itu.

Apalagi namanya cewe, suatu saat pasti dia bakal mengalami masa Dateng Bulan, yang biasanya bakal bikin emosinya makin ngga stabil.
Bayangin aja. Cewe lu udah galak, terus dia PMS pula. Galaknya kuadrat coy. Kelar idup lu.

                      

Dan, itu tadi beberapa jenis cewe yang menurut gue sebagai cowo, harus kalian hindari. 
So, buat para cewe, semoga postingan kali ini ngga menyinggung hati kalian karena ini murni bercanda, bukan karena dendam pribadi. #eh
Dan, buat para cowo, semoga kalian bisa lebih teliti dan hati-hati memilih cewe.

Oiya, buat kalian yang pengen nambah-nambahin tipe cewe yang ngga kalian suka, atau pengen protes tentang postingangue, langsung ke komeng box aja yaa~

So, mohon maaf kalo ada salah-salah kata, atau becandaan yang ngga bisa diterima akal sehat kalian.
Sampai ketemu di postingan selanjutnya!

Baca selengkapnya

Tuesday, 17 May 2016

Kenapa sih harus ikut Duta-dutaan?

Yo!

Sorry gaes, postingan ini (lagi-lagi) agak telat beberapa hari. Soalnya, ya dari tanggal 12 sampe 15 mei 2016 kemaren, gue harus pulang kampung ke Tabalong buat bantu-bantu jadi panitia di pemilihan Utuh Diyang Tanjung 2016

Nah, ngomongin masalah Pemilihan Utuh Diyang Tanjung (Duta Wisata Tabalong), pasti kalian masih pada inget, kasus Zaskia Gotik yang ngehina pancasila, eh akhirnya jadi Duta Pancasila.
Ini gue curiga, jangan-jangan, dulunya vokalis Sheila On 7 itu juga penyanyi dangdut. Terus dia ngehina band Sheila On 7, akhirnya jadi duta Sheila On 7 deh. #abaikan

Oke, kembali ke topik. Ngomongin masalah Dutapasti banyak diantara kalian yang bertanya-tanya, kenapa sih seneng banget ikutan Pemilihan Duta-duta yang gituan? Apa sih untungnya?

So, untuk menjawab pertanyaan dari hati yang paling dalam kalian, kali ini gue bakalan berbagi beberapa alasan, kenapa sih kita harus ikutan Duta-dutaan?

1. Ikut melestarikan

Gabisa langsung terjun? vi sosmed juga bisa loh

Seorang Duta, tugasnya adalah menjadi agen dan contoh, agar masyarakat bisa peduli lagi terhadap sesuatu (wisata, lingkungan, dll). Dan, sebelum mengajak orang lain untuk peduli, kita harus peduli duluan.
So, meskipun kita belum bisa sepenuhnya mengajak semua orang untuk ikutan peduli, dan turun tangan ke masyarakat. Setidaknya, sekarang kan zaman medsos, kalian bisa mengajak masyarakat via medsos juga.
Karena, sebagai duta, kita punya kepedulian dalam diri kita sendiri, dan secara ngga langsung kita ikut serta melestarikan hal tersebut.


2. Tau Tanggung Jawab

bersihin tempat wisata
Ketika jadi seorang duta, kita pasti ngerasa bertanggung jawab dengan jabatan yang kita pegang. Misalnya, kalian adalah duta lingkungan, kalian pasti ngerasa punya tanggung jawab untuk ikut jaga lingkungan dengan ngga buang sampah sembarangan.
Atau, kalian adalah duta lalu lintas, ngga mungkin juga kan kalian boncengan berempat ngga pake helm, naik sepeda pula?
Kaya gue. Karna gue ngerasa bertanggung jawab buat melestarikan kebudayaan. Gue yang dulunya cuman bisa mainin hati wanita, sekarang mulai belajar mainin alat musik daerah. Asek.


3. Menambah keterampilan

Ngemsi (walaupun masih belum jago)

Biasanya, salah satu persyaratan jadi Duta-dutaan adalah harus bisa public speaking, bahasa inggris, dan keterampilan seni lainnya.
Yang berarti, ikut pemilihan duta-dutaan bakalan menambah life skill kita, dan life skill itu pastinya bisa berguna suatu saat nanti.
Contohnya, gue yang dulunya ngomong sama mba-mba indongaret aja gugup, sekarang gue udah mulai berani ngomong.... sama mba-mba izinmart (izin, bukan alfa).
So, jadi duta, bikin kita tambah berkembang, dan punya banyak kebisaan.

4. Gampang nyari kerja

Sok, candid

Kalo kalian jadi duta, pasti para perusahaan langsung ngincer kalian buat kerja di perusahaan mereka. Atau, paling ngga, kalian bisa jadi MC, penyiar, model, atau presenter.
Kenapa? karena ketika kalian terpilih jadi duta, kalian pasti jago public speaking, jago bahasa inggris, pinter, cakep pula.
Yang pastinya jadi nilai lebih di antara ratusan pencari kerja yang lain. 

5. Memperluas pergaulan




Menjadi duta, akan bikin kita lebih banyak bergaul, dan terjun ke masyarakat. Sehingga, secara ngga langsung, kita juga memperluas silaturahmi, yang suatu saat nanti pasti banyak untungnya.
Dan, para duta juga biasanya punya ikatan gitu sama duta-duta yang lain. Baik itu duta wisata, lingkungan, lalu lintas, mahasiswa, dll. So, sama kaya kata pepatah, tak ada gading yang tak retak banyak temen banyak rezeki! 

6. Dapet jodoh

Kemaren sama Isyana, sekarang sama Alya Rohali
Iya, meskipun foto di atas cuman ilustrasi, karena sebenernya gue ngga punya jodoh.
Tapi intinya, punya pergaulan yang luas, terkenal, punya pekerjaan, cakep, berperilaku baik, dan punya banyak kebisaan, pasti bakal bikin kalian lebih di mata orang lain. Dan, dengan semua kelebihan itu pasti kalian lebih gampang nemu pacar, atau malah jodoh.

                           

Yup, itu tadi beberapa keuntungan dan efek positif yang bakal kalian dapatkan kalo ikut pemilihan duta apapun (wisata, lingkungan, mahasiswa, dll).
Dan, buat kalian yang mungkin punya pengalaman, atau keuntungan lain dari ikut pemilihan duta, bisa langsung komen di komeng box ya!
Ciao!
Baca selengkapnya

Monday, 2 May 2016

Mantan, penyebab pemanasan global

Seperti yang udah kita tau, bumi yang kita tinggali ini udah kaya Orang yang ngeliat mantan jalan sama pacar barunya yang ternyata jauh lebih ganteng + kaya, Panas!



Hati-hati, mantan juga salah satu penyebab Global warming



Dan, yaa, walaupun masih banyak orang yang ngga peduli terhadap alam dengan buang sampah sembarangan, make motor kemana-mana, dan perilaku kurang peduli lainnya, tapi udah banyak juga orang-orang yang mulai sadar dan peduli sama keadaan bumi kita kaya gue. Saik.

Tapi, peduli aja ngga cukup, kita juga butuh edukasi yang pas, soalnya banyak juga hal-hal kecil yang kita ngga tau, dan kita lakukan setiap harinya, yang bikin bumi kita semakin panas.

So, supaya kita ngga bikin panas bumi dengan ngelakuin hal-hal kecil tersebut, kali ini gue bakal berbagi, hal-hal apa aja sih, yang ternyata bikin bumi kita semakin panas setiap harinya. Cekidot!

1. Move on


Wih, pada ngga tau kan? Move on juga salah satu penyebab bumi kita makin panas. Bukan, bukan karena Kadar move on meningkatkan jumlah gas rumah kaca di atmosfer, tapi "karena biasanya orang yang pengen move on bakalan ngebakar semua pemberian yang dikasih mantannya".
Iya, dan pembakaran sampah berlebihan lah yang bakalan menghasilkan gas metana yang merupakan salah satu penyebab pemanasan global. Nyambung, kan? Nyambung.

2. Nge-Date sama gebetan

Jangan nyari pacar! Hidup #JombloSampaiHalal!

Nah, buat kalian yang udah move on dan pengen memulai hal yang baru sama gebetan baru, ternyata ngedate sama gebetan baru juga bakal menyebabkan pemanasan global. Bukan, bukan karena mantan kalian jadi panas gara-gara ngeliat kalian. Tapi, biasanya kalo kalian pengen ngedate, kalian bakalan ngegunain parfum berlebihan. Nah, secara ngga kita sadari, penggunaan parfum berlebihan merupakan salah satu penyumbang gas CFC, yang juga merupakan gas rumah kaca, dan bakal bikin pemanasan global.

3. Dinner bareng pacar

wanjir, gue ngiler ngeliatnya.
Udah move on, udah PDKT, sekarang kalian udah jadian. Nah, hal yang harus dihindari selanjutnya adalah, makan steak bareng pacar, Iya, soalnya itu bikin para jomblo yang makan di restoran yang sama patah hati. 
Nah, selain bakalan bikin para jomblo patah hati, makan daging berlebihan juga bakalan bikin pemanasan global. 
Kok bisa sih?
Penjelasan gampangnya sih, peternakan merupakan salah satu penyumbang gas rumah kaca terbesar. Dari pernafasan hewannya, yang menyumbang CO2. Terus, pencernaannya, yang juga penghasil gas metana terbesar, dan lahan peternakan yang dibikin dengan cara ngegundulin hutan. 
So, jangan dinner sama pacar, mending sama gue jadi vegetarian aja sob!

4. Malmingan

Lagi berantem ya, neng?
Nahini!
Sungguh, malming bareng pacar naik motor & mobil adalah hal yang tercela!
Sangat! 
Mungkin gue ngga perlu ngejelasin secara rinci. 
Intinya, naik motor, atau mobil, apalagi tiap malming, bareng pacar, berduaan, bakal bikin pemanasan global, dan bikin macet, dan bikin iri, dan bikin sakit hati. 
Mending jalan kaki, sendiri pula, lebih ramah lingkungan, tjoy.
Pokoknya, stop malmingan!

#nukaemosi #okeabaikan

5. Malming di rumah

Inget sama scene home alone yang satu ini? Iya, dia pesta sama patung. Kasian.
Sebagai jomblo yang baik, gue ngga bakal terlalu menyalahkan yang taken. Jomblo juga ternyata bikin pemanasan global makin parah!

Kok bisa? 
Soalnya, biasanya para jomblo yang ngga punya temen dan malmingan di rumah, bakalan ngenyalain semua lampu, nyalain AC, main game, dan nyetel musik keras-keras biar ngga kesepian. Nah, penggunaan listrik berlebihan inilah yang ikut menyumbang panas ke bumi kita. Iya, soalnya, energi yang kita pakai, itu berasal dari pembakaran di mesin pembangkit listrik, so, semakin banyak listrik yang kita pake, semakin banyak pembakaran yang dilakukan, maka semakin banyk pula panas yang kita sumbang ke bumi.

                        

Dan, itu tadi beberapa hal kecil yang ternyata juga jadi salah satu penyebab bumi semakin panas. Ya, walaupun dengan ngurangin hal itu bukan berarti kita langsung bikin bumi dingin, tapi secara ngga langsung kita bisa ngurangin penyebab-penyebab pemanasan global tersebut.

So, kalian punya saran atau hal-hal lain yang belum kita ketahui, yang juga jadi salah satu penyebab pemanasan global? Yuk, share di kolom komentar!


                                                                   


Tambahan:

Jangan mentang-mentang gue bilang kalo jalan sama pacar, nyalain lampu berlebih, dinner di resto, bikin pemanasan global, kalian malah pacaran di rumah, dan ngga nyalain listrik. Pokoknya jangan!

Baca selengkapnya

Thursday, 28 April 2016

Mimpi Terbesar


Apa mimpi terbesar kalian?
Sukses?
Mapan?
Punya istri cantik?
Atau, sesederhana foto sama Isyana?

Banyak orang yang bingung menentukan apa sih tujuan terbesar dalam hidup mereka?
Mereka yang nganggep tujuan hidupnya adalah uang, belajar mati-matian biar bisa sekolah di tempat terbaik, dapet kesempatan kerja lebih banyak, dapet kerja di suatu perusahaan terkenal, dan bakal ngelakuin apapun biar bisa jadi pemegang posisi teratas.
Mereka yang nganggep tujuan terbesarnya adalah wanita, bakal ngehabisin waktunya buat nyari yang tercantik dari yang tercantik, bereksperimen sama hubungan, gonta-ganti pasangan, dan ngga jarang bermain dengan perasaan.

Tapi, apa mimpi kita cuman sebatas itu?

(Okewait, kenapa postingan gue kaya acara kultum ya?)

Beberapa bulan lalu, gue pernah bilang kalo, blog ini merupakan salah satu tujuan hidup gue. Mimpi gue. Nulis jadi salah satu kebiasaan yang susah banget buat gue lepas dari hidup.

Tapi, setiap tujuan punya hambatan, setiap usaha pasti bakal dapet cobaan, dan, cobaan dari hobi gue ini, gue nemu banyak kegiatan baru, yang (saat itu) bikin gue lupa, dan menghilang dari dunia per-blog-an.

Dulu, menjadi mahasiswa, selalu jadi tujuan terbesar gue. Gue selalu berpikir kalo jadi mahasiswa bakal bikin gue punya banyak waktu luang, bisa ikut acara ini itu, jatuh cinta setelah ketabrak cewe cakep, dan nulis semau gue. Tapi kenyataannya, tugas kuliah yang menumpuk, PR ini itu, dan kejombloan yang makin akut, justru bikin gue mulai malas ngeblog.

Selain menjadi mahasiswa, sesuai anjuran beberapa temen gue, gue juga sambil kerja part time.
Dan, blog yang jadi tempat gue curhat selama ini, Tergantikan sama kerjaan (media curhat baru). Radio dBs FM
Gue yang terlalu asik Kerja (curhat) di media yang baru, bisa curhat sepuasnya, didengerin banyak orang, ditanggepin, dan bisa muterin lagu favorit, bikin gue lupa sama blog yang udah nemenin galau gue, seneng gue, sakit gue, selama 5 tahun ini. Gue, selingkuh.

Selain gara-gara jadi mahasiswa, dan announcer, blog ini juga mulai terbengkalai, setelah gue mulai jadi salah satu author di badangsanak.com, gue mikir, mending gue nulis di sana, di tempat yang emang gue yakin ada yang di baca, daripada nulis di blog gue, yang ngebuka aja orang pada males.
Gue, selingkuh, dua kali.

Alasan berikutnya kenapa gue mulai jarang nulis, karena gue mulai nemuin hobi baru juga, yang mungkin bagi semua anak seumuran gue pikir, jauh lebih keren daripada nulis di depan laptop, belajar main alat musik.

Plus, alasan terakhir kenapa gue mulai jarang nulis, soalnya selama dua bulan ini gue mempersiapkan diri buat ikutan pemilihan Duta Lingkungan Hidup tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2016. Gue mesti nentuin permasalahan apa yang lagi jadi isu di provinsi gue, mikirin solusinya, bikin makalah, nyiapin presentasi, dan nyiapin beberapa persyaratan lainnya. (Nanti gue ceritain terpisah)

Beberapa alasan tersebut akhirnya bikin blog ini terbengkalai. Gue yang dulu ngisi waktu luang dengan nulis, sekarang bahkan nyari waktu luang buat tidur siang aja susah. Gue jadi males nulis, gue jadi males curhat, dan milih curhat di tempat baru tersebut.

Sampe akhirnya si Adittyaregas.com ngajak gue buat nulis-nulis artikel penting, ngajakin ikutan lomba, sering sharing hal penting dan bahkan ngingetin kalo blog ini juga merupakan salah satu batu loncatan gue dalam hidup. Akhirnya gue tersadarkan, dan memutusan, supaya gue agak rajinan nulis, gue akhirnya ganti domain nuka-hn.blogspot.com, jadi nukahanif.com

Dan, kembali ke pernyataan gue di atas, apa dengan gue berenti nulis, berarti gue ngehancurin mimpi yang udah gue bentuk?

Jawabannya? Ngga lah!

Gue emang pernah bilang, kalo ini mimpi gue. Tapi, bukan berarti ketika gue ngejar mimpi lain, gue jadi ngelupain mimpi ini.
Gue cuman memperluas tujuan hidup gue.
Gue yang dulunya cuman bermimpi jadi seorang penulis, sekarang bermimpi menjadi Guru Matematika absurd yang hobi membaca, kerja sambilan jadi Announcer, plus sesekali nge-Les biola, dan bikin buku tentang suka duka kehidupan bersama istri cantiknya.



So, kalo kalian nanya, apa mimpi terbesar gue?
Gue ngga bakal jawab sukses, mapan, atau punya istri cantik.

Gue bakal jawab



Foto sama isyana.


Hahahaha, ngga deng, itu bukan isyana. Penasaran itu siapa? Tunggu postingan selanjutnya!


Oiya, mimpi gue? Cuman satu. Jadi lebih baik!
Baca selengkapnya

Monday, 7 March 2016

Cerita Cinta Biasa

“Aku sayang kamu”

“Aku tau”

“Bukan itu yang pengen aku denger”

“Terus, kamu pengen aku ngomong apa?”

“Ngomong ‘Aku sayang kamu’

“Iya, aku tau”

“Bukan gituuu, maksud aku kamu ngomong”

“Emangnya dari tadi aku ngapain? Salto? Aku emang ngomong kan dari tadi?”

“Iya, terserah kamu deh”

“Yaudah”

“Kamu cowo paling ngga peka yang pernah aku temuin”

“Bagus kan? Kalau aku peka, nanti banyak cewe yang deketin aku. Kamu mau?”

“Tuhkan ngeselin”

“Justru itu kan yang bikin kamu suka sama aku?”

 “Dih, geer banget”

“Dih, ngambek”

“Auk ah”

“Hahahaha. Aku sayang kamu”

“Iya, aku tau”

“Widih, bales dendam nih ceritanya?”

“Iya”

“Aku cuek, kamu balas lebih cuek. Artinya kalo aku sayang kamu, kamu balas lebih sayang aku kan?”

“iya”

“Ga usah sok cuek deh. Keliatan tau kalo kamu senyum-senyum sendiri waktu aku ngomong kaya tadi”

“Iyadeh kamu menang. Aku sayang kamu jugaaa. Hihi”

“Gitu dong”

“Eeeeh, kok pipi aku dicubit?”

“Lah, emang ngga boleh ya cowo nyubit pipi cewenya sendiri?”

“Ya, boleh sih. Tapi, daripada dicubit, mending pipi aku dicium. Hahahaha”

“Dih, ngarep bangeet”

“...............”

“Lu bahagia kaya gini?” kalimat tersebut seolah menampar, dan memecah konsentrasi gue dari  ‘Pemantauan’ ini.

“Bahagia kok” jawab gue dengan cuek, seolah bosan dengan pertanyaan dan jawaban yang sama yang Roy tanyakan tiap hari ini.

 “Serius Rik? Udah seminggu ini lo merhatiin dia dari beranda kostan baru kita, lo juga jadi jarang makan. Itu yang lo sebut dengan bahagia?”

“Gue tau ini terdengar klise, tapi, ngeliat dia bahagia sama yang dia cinta, gue udah bahagia kok”

“Kenapa sih lo ngga ngedeketin dia aja? Rebut dia dari cowonya” sarannya, entah yang ke berapa kalinya untuk hari ini.

“Lebih sakit mana? Ngeliat dia bahagia sama cowonya? Atau dia jadi cewe gue, tapi hatinya ke cowo lain?”

“Riki, Riki, Serah lo aja deh. Gue udah abis pikir sama makhluk pecinta ikhlas kaya lo. Cinta mah bukan masalah bahagianya, Men! Cinta itu hak setiap manusia. Ngga ada salahnya berusaha, kan?"

Gue diem

"Yaudahdeh, gue mau jalan dulu ye sama cewe gue. Semangat mantaunya! Bhahahaha"

Gue cuman bisa diem, sambil mencerna kalimat terakhirnya.

".........."

"Hmm, ciuman kali ini lebih lama 5 menit dari kemaren" gumam gue sembari melanjutkan ritual ajaib ini.


Yahalo! Maaf ye lama ngga keliatan!
Gue udah mulai sibuk kuliah + kerja + nulis di badangsanak.com
So, buat yang nunggu-nunggu tulisan gue, sabar dulu yeee.

Oiya, btw, tulisan ini terinspirasi dari foto gue, yang ngga sengaja diambil oleh Fadil waktu kita lagi menjelajah J-Fest di SMAN 7 Banjarmasin kemaren. Dan, ya jadi kepikiran cerita ini deh. Bhahahaha.
So, kritik/saran. Komeng aja yee!



Baca selengkapnya